Wednesday, 3 May 2017

Manajemen Admistrasi Perkantoran



PENGANTAR TRAINING MANAJEMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN MODERN

            Ilmu administrasi perkantoran rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan hingga menyelenggarakan secara tertib pekerjaan administrasi perkantoran (Quible,2001) untuki menunjang pencapaian tujuan organisasi.

            Pengelolaan kantor yang baik dan modern (sesuai tuntutan zaman) akan berdampak pada efisiensi dan efektivitas Instansi Pemerintah maupun  perusahaan secara keseluruhan, karena kantor merupakan pusat sistem administrasi. Maka dari itu, personil yang terlibat dalam kegiatan kantor harus memiliki pengetahuan yang memadai dan terbaru mengenai administrasi perkantoran. Pengetahuan tersebut diantaranya adalah tentang pengelolaan informasi (pengumpulan, pencatatan, penggandaan, pendistribusian, serta penyimpan data dan informasi) dan pelayanan tata usaha. Pelatihan ini dirancang agar personil yang berhubungan dengan pekerjaan di atas mampu meningkatkan profesionalitas kerja guna mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan globalisasi yang penuh dengan tuntutan.

 TUJUAN TRAINING MANAJEMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN MODERN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu :
  1. Memahami paradigma baru dalam manajemen perkantoran, prinsip-prinsip dan cara-cara mengelola aktivitas administrasi perkantoran yang baik dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  2. Memahami cara-cara mengelola waktu yang efektif dalam melakukan aktivitas administrasi perkantoran.

MATERI TRAINING MANAJEMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN MODERN

1. Paradigma dan Filosofi Administrasi Perkantoran Modern
  • Pengertian, ruang lingkup, tujuan, dan karakteristik administrasi perkantoran modern
  • Azas-azas dan struktur manajemen perkantoran
2. Tata Ruang Kantor
  • Pengertian, tujuan, azas dan jenis tata ruang kantor
  • Penyusunan tata letak fasilitas kantor
  • Prinsip 5R dalam tata ruang kantor
3. Korespondensi, Dokumentasi dan Pengarsipan
  • Pengertian, ciri, fungsi, dan jenis surat
  • Langkah-langkah penyusunan surat (format, bahasa, dll)
  • Mengendalikan surat masuk dan surat keluar
4. Penyusunan Standar Operating Procedure (SOP)
  • Pengertian dan pentingnya SOP
  • Prinsip-prinsip dan teknik penyusunan SOP
5. Pengelolaan Inventarisasi
  • Pengertian inventarisasi
  • Pelaksanaan inventarisasi
  • Mutasi barang & Penghapusan barang
  • Pemberian label dan kode barang
6. Pengelolaan Waktu yang Efektif dalam Menangani Pekerjaan Kantor
  • Teknik manajemen waktu : skala prioritas, delegasi, dan asertif
  • Identifikasi penyebab waktu terbuang percuma dan antisipasinya
7. Otomatisasi Kegiatan Administrasi Perkantoran
  • Makna dan dampak otomatisasi dalam administrasi perkantoran
  • Aplikasi otomatisasi dalam administrasi perkantoran
  • Teknologi Informasi dalam Administrasi Perkantoran
  • Sistem Arsip Elektronik
  • Manajemen basis data
  • LAN, intranet, dan internet

PESERTA
Training ini diperuntukkan bagi: Pimpinan (manajer/ supervisor/ head section) atau support personnel (staf Administrasi/ Sekretaris) yang terlibat dalam kegiatan administrasi kantor atau pengarsipan dokumen perusahaan.

METODE
Presentasi, Diskusi , Brain storming, Case Study

WAKTU
10-12 Februari 2015 / 11-13 Maret 2015

JADWAL TRAINING FEBRUARI 2015 DI YOGYAKARTA  :
1.      Training Psikology For Secretary tgl 16 – 18 Februari 2015
2.      Training Public Relation tgl 16 – 18 Februari 2015

JADWAL TRAINING FEBRUARI 2015 DI SURABAYA  :
1.      Training Corporate Cash Management tgl 10 – 12 Februari 2015
2.      Training Debt Collection Skill (Teknik Penagihan) tgl 10 – 12 Februari 2015
3.      Training Working With Right Brain tgl 10 – 12 Februari 2015
4.      Training Manajemen Kesekretariatan tgl 10 – 12 Februari 2015
5.      Training SOP Writing & Improvement Tgl 16 – 18 Februari 2015
6.      Training Contract Management tgl 16 – 18 Februari 2015
7.      Training Tender Management Tgl 16 – 18 Februari 2015
8.      Training Finance For Non Finance (FINON) tgl 16 – 18 Februari 2015
9.      Training Life Cycle Cost Analysis (LCCA) tgl 16 – 18 Februari 2015
10.  Training Aplikasi MS Project Dalam Proyek Tgl 24 – 26 Februari 2015
11.  Training Project Management Professional (Manajemen Proyek) Tgl 24 – 26 Februari 2015
12.  Training Manajemen  Sekretaris Tgl 24 – 26 Februari 2015
13.  Training Filing Management System (Manajemen Kearsipan) Tgl 24 – 26 Februari 2015
14.  Training Problem Solving and Decision Making Tgl 24 – 26 Februari 2015
15.  Training Maintenance of Mechanical  System Tgl 24 – 26 Februari  2015
16.  Training Procurement Management Tgl 24 – 26 Februari 2015
17.  Training Hydraulic Predictive Maintenance & Pneumatic Tgl 24 – 26 Februari 2015
18.  Training Bearing Basic Maintenance & Lubrication System Tgl 24 – 26 Februari 2015
19.  Training Budgeting, Planning and Cost Control Tgl 24 – 26 Februari 2015
20.  Training SCADA Untuk Engineer tgl 24 – 27 Februari 2015
21.  Training AFE WP&B POD tg 24 – 27 Februari 2015
22.  Training Praktek & Perhitungan SPT PPH 21 terbaru tgl 25 – 27 Februari 2015




JADWAL TRAINING MARET 2015  : 
1.      Training Inventory & Warehouse Management Tgl 3 – 5 Maret 2015 di Surabaya
2.      Training Life Cycle Cost Analysis (LCCA) tgl 10 – 12 Maret 2015 di Surabaya
3.      Training Leadership and Motivation Tgl 10 – 12 Maret 2015 di Surabaya
4.      Training SOP Writing and Improvement tgl 16 – 20 Maret 2015 di Surabaya
5.      Training Succesfully Managing People Tgl 17 – 19 Maret 2015 di Surabaya
6.      Training Lifting and Rigging Tgl 17 – 19 Maret 2015 di Surabaya
7.      Training Asset Mangement Tgl 17 – 19 Maret 2015 di Surabaya
8.      Training Cash Flow and Risk Analysis Tgl 17 – 19 Maret 2015 di Surabaya
9.      Training Maintenance Genset Tgl 17 – 19 Maret 2015 di Surabaya
10.  Training Root Cause Failure Analysis (RCFA) tgl 17 – 20 Maret 2015 di Surabaya
11.  Training Project Management Professional (Manajemen Proyek) tgl 24 – 26 Maret 2015 di Surabaya
12.  Training Basic Telecommunication PABX tgl 24 – 26 Maret 2015 di Surabaya
13.  Training Bearing Basic Maintenance & Lubrication System Tgl 24 – 26 Februari 2015 di Surabaya
14.  Training Budgeting, Planning and Cost Control Tgl 24 – 26 Maret 2015 di Surabaya
15.  Training Failure Mode Effect Analysis (FMEA) tgl 24 – 26 Maret 2015 di Surabaya
16.  Training Reliability Centered Maintenance (RCM) Tgl 24 – 26 Maret 2015 di Surabaya
17.  Training Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi Tgl 24 – 26 Maret 2015 di Surabaya
18.  Training Procurement Management Tgl 24 – 26 Maret 2015 di Surabaya
19.  Training Event Management Tgl 24 – 26 Maret 2015 di Surabaya
20.  Training Maitenance of Mechanical System Tgl 24 – 26 Maret 2014 di Surabaya
21.  Training Software Orcaflex tgl 24 – 26 Maret 2015 di Bandung

FASILITAS
§  Termasuk: Ruang training di hotel bintang 3/4/5 di tiap kota(tergantung jumlah peserta dan ketersediaan hotel), Modul (hardcopy materi), Flashdisk(softcopy materi), Tas(Backpack), Sertifikat, ATK Peserta,  Makan Siang(sesuai hari training), Coffee Break(2x sehari), Instruktur yang berkualitas, Pre Test dan Post Test
§  Harga belum termasuk penginapan (Kami bisa bantu mencarikan penginapan sesuai dengan anggaran perusahaan masing-masing) dan pajak (apabila membutuhkan faktur pajak)

 TEMPAT
  • Hotel Grand Zuri Malioboro Yogyakarta
  • Hotel Gino Feruci Bandung*
  • Hotel Ibis Kemayoran Jakarta*
  • Hotel Ibis Styles Kuta Circle Bali*
  • In House Training*

SUMBER :

No comments:

Post a Comment